Saturday, April 2, 2011

Terapi Laser Darah, Terapi Merawat Wajah

[Image: artalyta-suryani.png]

Kecantikan adalah dambaan bagi setiap wanita.Tidak sedikit pula yang berani mengeluarkan kocek yang lebih agar kulit tetap mulus.Tidak terkecuali pula dengan Artalyta Suryani, terpidana kasus suap.Wanita pengusaha yang satu ini memang penuh dengan kontroversi.Disamping membuat “istana” didalam selnya, dia melakukan perawatan wajahnya dengan mendatangkan dokter khusus. Terapi yang dilakukannya adalah dikenal dengan laser darah.

Apa sih laser darah itu?

Laser darah adalah teknik pengembangan laser yang berguna untuk menurunkan kekentalan darah, sehingga darah menjadi lebih encer dan lancar. Darah yang encer dan lancar akan memudahkan pengiriman oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh tubuh, sehingga metabolisme tubuh lebih baik dan dipercaya membuat wanita terlihat cantik dan bugar.
Dalam istilah kedokteran, laser darah disebut dengan Intervaskular Laser Irradiation on Blood (ILIB). Kurangnya pengiriman oksigen ke otak akibat darah yang kental bisa menyebabkan sakit kepala yang berkepanjangan dan bisa berakhir pada penyakit stroke.
Teknik laser darah dianggap cukup aman karena bersifat extravaskuler (non invasif), artinya laser tersebut tidak bersentuhan dengan darah secara langsung, tapi lampu laser diletakkan pada tempat yang banyak pembuluh darahnya.
“Meskipun namanya laser darah, tapi lasernya tidak dikenakan langsung ke darah. Fungsi utamanya untuk mengencerkan darah agar lancar. Tapi banyak juga digunakan untuk mengobati pembekuan darah dan beberapa penyakit kulit seperti kulit yang sering merah-merah atau untuk membuat luka pada penderita diabetes cepat kering,” ujar Retno Mayasari, General Manager salah satu tempat kecantikan, Murad Skin Care.
Prinsip laser darah adalah memasukkan sinar laser ke pembuluh darah. Dengan masuknya laser dalam darah, kadar oksigen bisa meningkat, kualitas darah membaik, racun bisa keluar dari darah, proses penuaan bisa lebih lambat yang ujungnya adalah tubuh jadi sehat dan bugar.Berkurangnya kekentalan darah akan mengakibatkan menurunnya kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah sehingga bisa menghindarkan seseorang dari banyak penyakit. Laser darah juga bisa mencegah terjadinya alergi karena bisa memperbaiki kualitas darah yang kurang baik.
Tempat yang strategis dan memudahkan untuk pemakaiannya adalah lubang hidung, karena disana ada banyak sekali pembuluh darah. Intensitas sinar laser yang dipakai adalah sinar laser dengan panjang gelombang yang aman dan diizinkan oleh dunia kedokteran.
Teknik laser darah ini belum banyak ditemukan dan belum cukup populer di Indonesia karena ahli terapi lasernya pun masih sedikit apalagi ditambah dengan harganya yang diperkirakan cukup mahal.Satu kali perawatan laser dengan teknik laser Intense Pulsed Light (IPL) yang biasa digunakan di tempat-tempat kecantikan untuk menghilangkan flek atau membersihkan wajah adalah sekitar Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta selama 60 menit.

Penggunaan lasernya sendiri maksimal hanya 15 menit. Setidaknya dibutuhkan 10 kali terapi untuk membuat flek benar-benar hilang.

Sumber : Detikhealth.com

No comments:

Post a Comment